Contoh Surat Peminjaman Barang [Format Docx]

Surat Peminjaman Alat kita butuhkan jika berurusan dengan hal yang sifatnya formal atau keorganisasian dan kelembagaan. Bagaimana cara membuat format surat peminjaman alat ke pihak kedua atau ketiga? Berikut ini kami ulas sedikit tentang hal tersebut. Pinjam meminjam alat untuk kepentingan pribadi atau urusan yang sifatnya tidak formal, selalu terjadi dalam kehidupan sehari-hari kita. Dan itu dilakukan atas dasar rasa saling percaya saja antara kedua belah pihak.

Tetapi meminjam alat atau barang yang digunakan untuk keperluan formal seperti kantor, kelembagaan, organisasi dan lainnya dibutuhkan surat resmi peminjaman sebagai dokumen administrasi kerja. Apalagi kalau sampai mengeluarkan biaya dari anggaran kantor atau organisasi tersebut.

Karena peminjaman alat jarang dilakukan, terkadang masih ada juga yang bingung bagaimana cara menulis surat peminjaman barang dengan format yang resmi. Untuk itu di sini kami berikan contoh surat pinjam barang ke pihak tertentu

 

Agar lebih rapih unduh di link berikut : https://docs.google.com/document/d/e/2PACX-1vTJdJHpF-KXakaKxErKIzDPDNUykjWlruYvLtjbJoLS3Rk4cOPQHyf85fVR-BZ9gZpOaf8KXug5SSVp/pub

Untuk format surat peminjaman resmi harus diketik menggunakan Kop Kelembagaan atau Kantor bersangkutan. Dan untuk redaksi surat sebenarnya tinggal kita saja yang menulis bagaimana baiknya. Selain itu jangan lupa di Cap dan Tanda Tangan pimpinan atau pejabat yang berwenang.

Diatas merupakan contoh surat peminjaan alat berat. Untuk peminjaman barang yang lainnya tinggal anda sesuaikan saja format dan bahasa redaksinya. Semoga Bermanfaat.

 

Sekian dulu penjelasan tentang contoh surat peminjaman barang untuk kesempatan kali ini. Semoga dengan penjelasan tadi membuat anda lebih paham tentang surat peminjaman barang. Terima kasih dan sampai jumpa lagi dikesempatan lain.

Tutorial Riset Kata Kunci dengan UberSuggest

riset kata kunci dengan ubersuggest

Kali ini saya akan membahas mengenai tutorial riset kata kunci dengan ubersuggest, jadi selain menggunakan Google Keyword Planner riset kata kunci juga kita bisa menggunakan ubersuggest, berikut tutorial sederhananya.

Apa itu UberSuggest ?

UberSuggest adalah salah satu alat untuk riset kata kunci buatan niel patel, UberSuggest di rancang untuk memudahkan kita dalam melakukan riset kata kunci. Meskipun fiturnya tak selengkap seperti alat riset kata kunci berbayar lainnya, saya rasa untuk tahap awal dalam belajar riset kata kunci, UberSuggest ini lebih dari cukup.

Fungsi dan Pentingnya Riset Kata Kunci dalam Blogging

Mungkin dari kalian banyak yang bertanya mengenai fungsi nya riset kata kunci

Apa fungsinya riset kata kunci dalam dunia blogging ?

Okey akan saya jawab dengan singkat saja, riset kata kunci adalah proses riset/research sebuah kata kunci/keyword yang di cari orang di internet (khususnya di mesin pencari google), lebihnya sederhana nya riset kata kunci adalah proses kita menyelidiki apa saja yang di cari orang di mesin pencari google.

Pentingkah seorang Blogger melakukan riset kata kunci ?

Jawabannya, sangatlah penting. Karena apa? Karena dengan melakukan riset kata kunci kita akan tahu seberapa banyak kata kunci yang di cari pengguna internet di mesin pencari google (dan akan menjadi calon pengunjung blog/ website kita, dengan catatan berhasil mengoptimasi blog kita di halaman pertama google) . Jadi intinya kita tidak percuma menulis artikel kalau sudah tahu apa saja kata kunci yang di cari orang.

Oke langsung saja ke inti artikel ini, berikut Cara Riset Kata Kunci dengan Ubersuggest  :

1. Pertama-tama silahkan masuk ke https://neilpatel.com/ubersuggest/ , lalu silahkan bahasa ubah ke bahasa indonesia, seperti gambar di bawah ini :

 

2. Nah, tahap kedua kita harus memasukan kata kunci yang akan di selidiki datanya di kolom Enter a domain or a keyword, sebagai contoh saya akan meriset kata kunci “tutorial membuat”, lalu klik tombol Search.

 

3. Setelah klik tombol search, biasa ubersuggest akan meminta verifikasi Google Captcha dan silahkan pilih dengan benar, lalu klik Verifikasi

4. Setelah berhasil melewati Captcha, kita akan di berikan data kata kunci yang dimasukan, dan geser kebawah hingga menemukan Keyword Idea , contoh saya menemukan kata kunci “cara membuat 2 akun mobile legend terbaru”.

 

5. Klik saja di bagian kata kunci “cara membuat 2 akun mobile legend terbaru” lalu akan menampilkan metrik seperti gambar di bawah ini :

Keterangan Gambar :

A. Kata Kunci yang akan kita bidik
B. Volume perbulannya (jadi yang mencari kata kunci tersebut perbulannya rata-rata 720 kali)
C. Keterangan kata kunci, disana di sebutkan :

This keyword is easy to rank for. There is a 81% chance you can rank in the top 20.
Kalau di terjamahkan ke bahasa indonesia kurang lebih seperti ini :
Kata kunci tersebut adalah mudah untuk merangking, kemungkinan 81% di 20 besar google.

D. Itu adalah 8 website yang merangking di google indonesia yang menggunakan kata kunci tersebut.

jadi kesimpulannya kata kunci tersebut sangat potensial untuk kita jadikan bahan konten/artikel di blog kita, karena UberSuggest mengatakan “Mudah” dan kemungkinan 81% akan masuk ke 20 besar halaman google, walaupun yang mencari hanya 24 orang perharinya. Dengan catatan blog kita masuk ke 10 besar/ halaman pertama google, kita akan mendapatkan pengunjung tetap perharinya.

Itulah cara sederhana mencari kata kunci dan mengetahui datanya, silahkan kreasikan sendiri keyword utamanya.

Perhatian : karena banyak faktor yang mempengaruhi naik/tidaknya blog kita di google, jadi UberSuggest jangan jadikan patokan muthlak untuk menilai suatu kata kunci, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi rangking di google.

Faktor yang mempengaruhi naik/tidaknya artikel yang kita buat, di antaranya :

1. Kualitas Konten, untuk membuat konten berkualitas kamu bisa membaca : Cara Menulis Artikel Berkualitas & SEO Friendly
2. Backlink (Seberapa banyak link masuk dari blog/web orang yang merekomendasikan blog/web kita)
3. Dan lain sebagainya. (Akan di bahas di artikel lainnya)

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya UberSuggest hanya membantu kita mencari/menyelidik kata kunci yang akan kita bidik dan dijadikan bahan konten di blog/web kita, semua itu kembali ke kualitas konten, kualitas blog/web yang kita kelola. Maka silahkan terus Belajar SEO secara mendalam, bisa di blog ini ataupun blog lainnya. Bila ada pertanyaan silahkan jangan ragu sampaikan di kolom komentar di bawah. Terima Kasih

5 Tahap Awal Cara Menjadi Blogger Sukses

cara menjadi blogger sukses

5 Tahap Awal Menjadi Blogger Sukses – Menjadi blogger sukses dan mendapatkan uang dari blog tidak semudah membalikan telapak tangan, banyak tahap yang harus di pelajari. Mulai dari bagaiman cara menulis artikel yang berkualitas sampai dengan belajar SEO secara mendalam. Oleh karena itu berikut lima tahap awal menjadi blogger sukses .

Sebelum kamu mempelajari lebih lanjut mengenai seluk beluk mengenai dunia blogger, sebaiknya perhatikan dulu lima poin yang saya sampaikan di artikel ini. Nah berikut lima tahap awal menjadi blogger sukses agar bisa mendapatkan uang.

1. Catat Tujuan Membuat Blog

Poin pertama kamu harus menentukan terlebih dahulu tujuan membuat blog itu untuk apa.

Contoh Tujuan Ngeblog :

  • Ingin Berbagi Cerita di Blog.
  • Berniat membuat blog karena suka menulis (ngetik).
  • Berniat untuk membuat opini (pendapat) apa yang diresahkan.
  • Membuat blog untuk mempromosikan produk/bisnis.
  • Membuat blog untuk mendapatkan uang

Mengapa harus punya tujuan? Karena kalau kamu tidak punya tujuan ngeblog itu untuk apa. Lambat laun kamu akan bosan dengan kegiatan ini, dan akhirnya stuck di tengah jalan.

2. Tentukan Platfrom Blog

Nah setelah mempunyai tujuan, kamu harus memilih platfrom yang sesuai dengan kebutuhan dan budget awal yang kamu pegang.

Saran dari saya :

  1. Jika kamu baru saja mengenal dunia blogging dan mempunyai budget minim, saya sarankan beli domain di penyedia hosting (seperti Domainesia.com) kemudian parkirkan domain ke blogger.com, saran pertama ini hanya bermodalkan 100rb s/d 150rb / tahun untuk menyewa domain, jadi tidak pusing mikirin biaya hosting.
  2. Jika kamu sudah mengerti dan ingin merasakan bebasnya kustomisasi wordpress.org, saya sarankan beli domain dan sewa hosting lalu pasang wordpress (wordpress selfhost).
  3. Jika kamu hanya ingin coba-coba saja silahkan kamu bisa daftar gratis di blogspot.com / wordpress.com / blogdetik / dan platfrom blogger gratis lainnya.

Baca Juga !!  : Tips Mendapatkan Ide Kreatif untuk Konten Blog

 

3. Tentukan Topik Blog

Setelah menentukan platfrom tempat ngeblog, poin ketiga ini adalah tentukan topik blog / bahasa kerennya niche blog.
Topik atau niche adalah bahasan umum yang akan ada di blogmu nanti, jadi poin ini harus diperhatikan dengan baik, karena jika diawal kamu salah langkah kedepannya bisa berabe.

Jadi dalam memilih niche blog/topik blog harus sesuai dengan poin pertama (Tujuan Pembuatan Blog)

Contoh Menentukan Topik Blog :

Misalnya tujuan awal membuat blog untuk mempromosikan Produk Hijab, nah isi blog kamu harus seputar hijab dan tips lainnya untuk wanita muslimah. Jangan isi blog kamu dengan informasi sepakbola terbaru. Kan Ngaco  . tidak relevan dengan produk yang akan dijual.

4. Tentukan Nama Domain

Domain adalah identitas kamu di internet, jadi jangan gegabah dalam menentukan domain yang pas, unik, punya ciri khas dan mudah di ingat orang lain.

Berikut sedikit tips dari elangdev.net dalam menentukan nama domain :

  1. Sesuaikan dengan niche blog (misalkan blog tentang tutorial photoshop, usahakan ada kaitannya dengan dunia desain grafis)
  2. Mudah diingat, ditulis, dan diucapkan (contoh domain yang sulit di ingat duniagrafistutor.net )
  3. Gunakan Top Level Domain ( usahakan kamu membeli domain TLD, misalnya .com / .net / .id / dan sebagainya) selain harga pertahunnya relatif sama domain TLD juga akan meningkatkan kredibelitas blog kamu dimata pengunjung dan mesin pencari (Google, Bing, dan Yahoo)
  4. Hindari angka, strip (-), titik (.)

Untuk membeli domain saya sarankan membeli domain di tempat yang jelas, misalnya di domainesia.com.

DomaiNesia

 

5. Tentukan Themes Blog

Sebelum membangun blog, sebaiknya silahkan cari-cari dulu themes yang pas dengan topik yang akan dibahas.

Tips memilih themes blog :

– Carilah / Beli lah themes yang rapi, nyaman, dan enak dipandang mata.
– Untuk yang memilih blogger.com sebagai platfromnya kamu bisa cari/beli themes blogspot di blognya arlinadzgn.com / sugeng.id / dan lainya.
– Untuk yang memillih WordPress.org (SelfHost) kamu bisa membeli jasa pasang themes premium di https://wptoolkit.id.hn selain harganya murah meriah disana akan mendapatkan themes dengan licensi original (dijamin).

 

Kesimpulan

Itulah tahapan awal sebelum kamu terjun kedunia blogging, jadi kamu bisa menentukan ke arah mana blog kamu nanti. Intinya untuk mendapatkan uang dari blog itu tidaklah mudah, kamu harus sungguh-sungguh, jika ada pertanyaan seputar blogging kamu bisa komentar dan tinggalkan email kamu di bawah / bisa langsung inbox saya lewat facebook. Terima Kasih.

Cara Menulis Artikel Berkualitas & SEO Friendly

Cara Menulis Artikel Berkualitas

Untuk menulis artikel yang berkualitas itu tidaklah mudah, jadi berikut Cara Menulis Artikel Berkualitas dan SEO Friendly berdasarkan pengalaman elangdev, menulis artikel di blog atau website itu berbeda ketika kita menulis sebuah novel, karangan, ataupun cerpen. Menulis di blog harus berpatokan ke kaidah SEO yang benar, pondasi utama untuk menjadikan blog kamu sebagai mesin uang adalah konten yang berkualitas.

Sederhanya ketika kita menulis artikel yang berkualitas dan seo friendly itu sama dengan menjadikan blog yang kita kelola mendapatkan banyak pengunjung organik dari mesin pencari, yang artinya peluang untuk mendapatkan klik pada iklan yang kita pasang sangat besar diklik jika mempunya pengunjung ribuan perharinya.

Artikel Berkualitas itu seperti Apa?

Sebuah artikel atau konten yang bisa dikatakan berkualitas jika konten tersebut memiliki sifat :

  1. Memberikan solusi yang benar,bermanfaat, lengkap apa yang di cari orang di mesin pencari (google).
  2. Pengguna Internet puas dengan apa yang kita sampaikan di artikel tersebut.
  3. Artikel yang dibuat menjelaskan dengan lengkap, jelas dan enak di baca pengunjung

 

Jika artikel diblog kamu sudah memiliki artikel dengan tiga sifat di atas, selamat artikel kamu bisa dikategorikan artikel berkualitas.

Struktur Menulis Artikel Berkualitas & SEO Friendly

Saat kita sudah bisa membuat konten yang memiliki tiga sifat diatas, tahap kedua yang perlu di perhatikan adalah struktur konten tersebut, harus memiliki :

1. Judul yang relevan dengan isi konten

Buatlah judul yang menarik sesuai dengan isi artikelnya.
Contoh penulisan judul yang berkualitas :

A. Contoh judul yang salah : cara membuat blog gratis
B. Contoh judul yang benar : Panduan Cara Membuat Blog Gratis untuk Pemula

Dari contoh diatas mana yang lebih menarik dan peluang mendapatkan perhatian dari pengunjung? Tentunya judul yang kedua karena selain menarik penulisan kapitalnya juga benar, maka perhatikan huruf kapital saat membuat sebuah judul artikel.

Contoh penulisan Judul SEO Friendly :

Penulisan judul yang sesuai dengan kaidah SEO harus menarik dan panjang karakter tidak lebih 57 karakter, sebagai contoh di mesin pencari google.

Contoh penulisan judul yang benar :
Contoh penulisan judul yang salah  :

Rumus untuk menyisipkan kata kunci di judul artikel :

Kata Depan + Kata Kunci Utama+ Kata Kunci Turunan + Kata Pemanis

Sebagai contoh : saya membidik kata kunci “Aplikasi Blogger Terbaik” maka sebagai contoh judul yang sesuai kaidah SEO :


8 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Komputer yang Wajib Dimiliki
8 (delapan) = Kata depan
Aplikasi Blogger Terbaik = Kata Kunci Utama
untuk Komputer = Kata Kunci Turunan
yang Wajib Dimiliki = Kata Pemanis

 

Baca Juga : Tips Mendapatkan Ide Kreatif untuk Konten Blog

 

2. Struktur Heading

perhatikan saat penerapan ke artikel, sebagai contoh:
– H1 untuk judul
– H2 untuk subjudul
– H3 dan seterusnya untuk sub pembahasan artikel

Penerapan struktur heading yang baik dan SEO Friendly :

Contoh artikel tersebut berjudul “ Cara Membuat Channel Youtube ” judul sudah otomatis menggunakan Heading 1 (H1) , maka Heading 2 bisa di isi dengan “Tahap Pertama : Persiapan Membuat Channel Youtube” nah untuk subjudul ketiga (H3) bisa di isi dengan“Buatlah Gmail” , dan seterusnya sesuai dengan isi artikel tersebut.

3. Meta Deskripsi Artikel

Meta deskripsi adalah sebuah ringkasan singkat yang mewakili isi konten dan akan tampil di mesin pencari google, berikut meta deskripsi yang berkualitas dan SEO Friendly :

Untuk mengisi meta deskripsi artikel kamu bisa menggunakan plugin Yoast SEO / Plugin Seo lainnya. Meta deskripsi maksimal 160 karakter dan mengandung kata kunci yang kita bidik.

4. URL Artikel SEO Friendly

Buatlah url atau link pada artikel anda sesuai dengan kaidah seo dan relevan dengan kata kunci yang kita target, contohnya sebagai berikut :

Tips : berikan url relevan dengan kata kunci yang kita targetkan, terbukti dengan menggunakan url yang mengandung kata kunci blog ini mampu bertahan di ranking satu google.

5. Peneran Kata Kunci di Artikel

Berikut tempat strategis dalam menuliskan kata kunci di dalam artikel yang akan kita buat, tulislah di :
– Judul (seperti tips di atas)
– Meta Deskripsi
– 100 Kata Paragraf pertama
– Tengah Konten
– Penutup Konten

Kesimpulan

Untuk dapat menulis artikel berkualitas & SEO Friendly itu sebenarnya mudah jika kita telah menguasai 5 poin yang saya sebutkan di artikel ini, kunci utamanya adalah isi artikel yang kita sampaikan itu harus memberikan solusi, jelas, singkat, dan enak di baca.

Itulah sedikit tips menulis artikel berkualitas dari elangdev, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini. Jangan lupa selalu bahagia  sekian dan Terima Kasih

 

Referensi : seosatu.com

Tips Mendapatkan Ide Kreatif untuk Konten Blog

Tips Mendapatkan Ide Kreatif untuk Konten Blog

Tips Mendapatkan Ide Kreatif untuk Konten Blog – Ide adalah sebuah gagasan awal dalam proses pembuatan artikel, tanpa ide seorang blogger akan susah menulis suatu konten di blognya, tak jarang mereka stuck di tengah jalan karena kehabisan ide untuk membuat postingan / konten blog.

Untuk mengatasi hal tersebut hal yang perlu Anda lakukan adalah menemukan dan mengembangkan ide-ide yang ada di dalam kepala Anda. Ikuti 5 cara mendapatkan ide untuk menulis artikel di bawah ini dan berikut saya rangkum tips mendapatkan ide untuk membuat konten yang berkualitas :

 

5 Tips Mendapatkan Ide Kreatif untuk Konten Blog

 

1. Tulislah apa yang ada disekitarmu

Banyak sekali blogger pribadi yang mejadikan cara ini sebagai isi artikel mereka, dan bahkan banyak yang sudah sukses dengan cara ini.

Isi suatu blog tidak hanya tutorial atau cara saja, kamu bisa jadikan blog sebagai catatan harian kamu, so jadi tulislah apa yang kamu lihat, rasakan, atau pikirkan. Itu bisa berupa pengalaman baik atau buruk. Semuanya itu bisa kamu bagikan diblogmu.
Tak heran banyak blogger yang sukses menghasilkan uang dari blog dengan menulis yang mereka alami di kehidupannya.

2. Manfaatkan Tranding Topik

Menulis artikel tentang hal yang sedang ngetren bukan lah ide yang buruk, kamu bisa menjadikan ini sebagai salah satu ide untuk menulis sebuah artikel, buatlah konten artikel yang sedang trending di dunia maya dan ingat isi nya jangan hoax, menambahkan, atau membuat isu salah, tetap pegang teguh etika seorang blogger.

Tapi jikalau blog kamu blog niche yang membahas topik spesifik carilah konten trending yang sesuai dengan niche blog kamu, agar blog kamu terlihat konsisten.

Baca Juga : 7 Aplikasi Android Untuk Para Blogger

3. Riset Kata Kunci

Cara paling mudah dan potensial untuk menemukan ide konten blog adalah dengan melakukan riset kata kunci, dengan riset kata kunci kamu akan menemukan apa saja yang di cari orang di internet.
Dengan tips ketiga ini kamu sekaligus belajar cara mendapatkan kata kunci potensial yang akan meningkatkan kemampuan kamu dalam belajar SEO.

4. Sering Main di Grup Facebook

Tips ini sering saya praktekan ketika kehabisan ide dalam menulis di blog ini, jadi tipsnya sangat simpel. Kamu hanya perlu main ke grup-grup facebook yang relevan dengan isi blogmu.
Kamu cukup lihat saja apa keluhan member grup tersebut. Dan disana akan menemukan banyak ide yang bisa dikembangkan menjadi sebuah artikel yang dapat di bagikan ke grup tersebut.

5. Pakailah Tehnik ATM

Ketika kehabisan ide untuk menulis di blog, kamu bisa mempraktekan tehnik atm. Apa itu tehnik atm? Atm di dunia blogger yang artinya amati tiru modifikasi.

Jadi kamu cukup main ke blog yang sama topiknya dengan blog yang kamu bahas, setelah itu silahkan amati konten yang ada diblog kompetitor tersebut, kemudian kamu tulis ulang artikelnya dengan kata-katamu.

Penutup

Itulah lima tips untuk mendapatkan ide kreatif untuk konten blog, semoga bermanfaat dan ingat jangan sampai copy paste jika kamu sedang kehabisan ide. Selain merusak kualitas blog, tindakan copy artikel orang lain juga adalah salah satu perbuatan yang tidak pantas dalam ngeblog. Sekian dan Terima Kasih.