riset kata kunci dengan ubersuggest
riset kata kunci dengan ubersuggest

Tutorial Riset Kata Kunci dengan UberSuggest

Diposting pada

Kali ini saya akan membahas mengenai tutorial riset kata kunci dengan ubersuggest, jadi selain menggunakan Google Keyword Planner riset kata kunci juga kita bisa menggunakan ubersuggest, berikut tutorial sederhananya.

Apa itu UberSuggest ?

UberSuggest adalah salah satu alat untuk riset kata kunci buatan niel patel, UberSuggest di rancang untuk memudahkan kita dalam melakukan riset kata kunci. Meskipun fiturnya tak selengkap seperti alat riset kata kunci berbayar lainnya, saya rasa untuk tahap awal dalam belajar riset kata kunci, UberSuggest ini lebih dari cukup.

Fungsi dan Pentingnya Riset Kata Kunci dalam Blogging

Mungkin dari kalian banyak yang bertanya mengenai fungsi nya riset kata kunci

Apa fungsinya riset kata kunci dalam dunia blogging ?

Okey akan saya jawab dengan singkat saja, riset kata kunci adalah proses riset/research sebuah kata kunci/keyword yang di cari orang di internet (khususnya di mesin pencari google), lebihnya sederhana nya riset kata kunci adalah proses kita menyelidiki apa saja yang di cari orang di mesin pencari google.

Pentingkah seorang Blogger melakukan riset kata kunci ?

Jawabannya, sangatlah penting. Karena apa? Karena dengan melakukan riset kata kunci kita akan tahu seberapa banyak kata kunci yang di cari pengguna internet di mesin pencari google (dan akan menjadi calon pengunjung blog/ website kita, dengan catatan berhasil mengoptimasi blog kita di halaman pertama google) . Jadi intinya kita tidak percuma menulis artikel kalau sudah tahu apa saja kata kunci yang di cari orang.

Oke langsung saja ke inti artikel ini, berikut Cara Riset Kata Kunci dengan Ubersuggest  :

1. Pertama-tama silahkan masuk ke https://neilpatel.com/ubersuggest/ , lalu silahkan bahasa ubah ke bahasa indonesia, seperti gambar di bawah ini :

 

2. Nah, tahap kedua kita harus memasukan kata kunci yang akan di selidiki datanya di kolom Enter a domain or a keyword, sebagai contoh saya akan meriset kata kunci “tutorial membuat”, lalu klik tombol Search.

 

3. Setelah klik tombol search, biasa ubersuggest akan meminta verifikasi Google Captcha dan silahkan pilih dengan benar, lalu klik Verifikasi

4. Setelah berhasil melewati Captcha, kita akan di berikan data kata kunci yang dimasukan, dan geser kebawah hingga menemukan Keyword Idea , contoh saya menemukan kata kunci “cara membuat 2 akun mobile legend terbaru”.

 

5. Klik saja di bagian kata kunci “cara membuat 2 akun mobile legend terbaru” lalu akan menampilkan metrik seperti gambar di bawah ini :

Keterangan Gambar :

A. Kata Kunci yang akan kita bidik
B. Volume perbulannya (jadi yang mencari kata kunci tersebut perbulannya rata-rata 720 kali)
C. Keterangan kata kunci, disana di sebutkan :

This keyword is easy to rank for. There is a 81% chance you can rank in the top 20.
Kalau di terjamahkan ke bahasa indonesia kurang lebih seperti ini :
Kata kunci tersebut adalah mudah untuk merangking, kemungkinan 81% di 20 besar google.

D. Itu adalah 8 website yang merangking di google indonesia yang menggunakan kata kunci tersebut.

jadi kesimpulannya kata kunci tersebut sangat potensial untuk kita jadikan bahan konten/artikel di blog kita, karena UberSuggest mengatakan “Mudah” dan kemungkinan 81% akan masuk ke 20 besar halaman google, walaupun yang mencari hanya 24 orang perharinya. Dengan catatan blog kita masuk ke 10 besar/ halaman pertama google, kita akan mendapatkan pengunjung tetap perharinya.

Itulah cara sederhana mencari kata kunci dan mengetahui datanya, silahkan kreasikan sendiri keyword utamanya.

Perhatian : karena banyak faktor yang mempengaruhi naik/tidaknya blog kita di google, jadi UberSuggest jangan jadikan patokan muthlak untuk menilai suatu kata kunci, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi rangking di google.

Faktor yang mempengaruhi naik/tidaknya artikel yang kita buat, di antaranya :

1. Kualitas Konten, untuk membuat konten berkualitas kamu bisa membaca : Cara Menulis Artikel Berkualitas & SEO Friendly
2. Backlink (Seberapa banyak link masuk dari blog/web orang yang merekomendasikan blog/web kita)
3. Dan lain sebagainya. (Akan di bahas di artikel lainnya)

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya UberSuggest hanya membantu kita mencari/menyelidik kata kunci yang akan kita bidik dan dijadikan bahan konten di blog/web kita, semua itu kembali ke kualitas konten, kualitas blog/web yang kita kelola. Maka silahkan terus Belajar SEO secara mendalam, bisa di blog ini ataupun blog lainnya. Bila ada pertanyaan silahkan jangan ragu sampaikan di kolom komentar di bawah. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *